Dance.. dance.. dance..

Setelah nonton High School Musical, yang teringat oleh diriku justru bukan film yang baru saja selesai kutonton, tapi malah beberapa film lama yang menampilkan adegan tarian yang sangat berkesan. Bahkan aku yang sudah cukup lama nonton, masih tetap ingat betapa menariknya tarian yang dibawakan. Walaupun demikian, lagu yang mengiringi tariannya tidak bisa dilepaskan pengaruh besarnya. Tengoklah joget John Travolta dalam Saturday Night Fever sepertinya tak akan menjadi luar biasa tanpa diiringi lagu-lagu disco garapan The Bee Gees. Atau adegan akhir Dirty Dancing, jika tanpa lagu (I’ve Had) The Time of My Life, mungkin kesannya tak akan begitu kuat. Berikut ini daftar 6 film dengan adegan dance paling berkesan.

1. Saturday Night Fever
Siapa yang bisa membantah kalau film ini layak masuk nominasi nomor satu. Gara-gara film ini pula, Disco kembali mewabah dikalangan anak muda jaman itu. Tengoklah goyang elegan John Travolta yang membuat anak-anak muda tergila-gila dengan Disco. Tak lupa pula musik disco garapan The Bee Gees yang keren punya.

2. Grease
Lagi-lagi John Travolta jadi biangnya, tapi kali ini dia berpasangan dengan Olivia Newton John. Dan karena film ini berasal dari drama panggung musikal, tanpa kehadiran tokoh teman-teman sang protogonis, koreografi joget terasa kurang seru. Lihatlah 4 adegan dance paling memorable bagiku di dalam film selalu menempatkan tarian bersama dengan gank sang protogonis. Inilah dia 4 dance scene tersebut: Summer Nights, You’re the One that I Want, Greased Lighting dan We Go Together

3. Dirty Dancing
Diantara beberapa adegan tarian dalam film, mungkin adegan dansa yang paling berkesan hanya pada saat dansa di pesta terakhir saja. Namun adegan ini pengaruhnya dalam film sangat kuat, walaupun hanya gara-gara satu dance scene. Lagu pengiring (I’ve had) Time of my Life berhasil menggondol Best Original Song pada ajang piala Oscar dan Golden Globe tahun itu, belum lagi penghargaan Gramy Award. Ketika aku nonton film ini, rasanya benar-benar pengen ikutan jingkrak bergoyang gara-gara lagu itu. Kalau hanya memilih satu saja adegan tarian favorit, maka adegan tarian final Dirty Dancing inilah yang paling kusuka.

4. Flashdance
Posisi lagu disini tidak seperti Dirty Dancing yang sepertinya membetot sukma penonton untuk ikut bergoyang, tapi lebih kearah mengiringi sang tokoh utama menari saja. Lagu Flashdance… What a Feeling juga mendapatkan penghargaan Best Original Song dalam ajang piala Oscar dan Golden Globe ditahunnya.

5. White Night
Adegan kolaborasi tarian antara penari Tap kulit hitam dan penari balet Rusia ini unik dan membuatku memilihnya untuk masuk kedalam 5 besar.

6. Footloose
Alasan utama masuk nomor 6 adalah dengan lagu garapan Kenny Loggins yang asyik buat joget dan tarian free style nya pada adegan final yang menarik (walaupun joget Kevin Bacon sebagai tokoh utama biasa-biasa saja).

12 thoughts on “Dance.. dance.. dance..

    • @jensen99
      Hahaha… koreografi dancenya lumayan, sayang ceritanya ngembosenin bikin ngantuk.

      @Ellious Grinsant
      Iya, jadul. Tapi judulnya khan mengesankan, dan kebanyakan yang mengesankan emang dari film jadul. Film jaman sekarang banyak yg ngulang2 ide jaman dulu (kalau nggak bikin remake yah)

      @Zephyr
      Yang nomer dua itu mantep banget, aku jadi pengen nonton versi drama musikal aslinya di panggung.

      buat bollywood yg hampir semuanya ada adegan dance, harusnya dibikin list film “tanpa dance” yg paling berkesan

      @lambrtz
      Hahahaha….😆
      *aku pernah dance pas ada acara matsuri (festival) disepanjang jalan. Kayak gini, tp dgn style beda*

  1. cuman familiar sama nomer 1 dan nomer 2😛

    tapi yang paling legendaris ya duet maut Travolta – Newton-John. sempet kepincut sama album OST grease, tapi minggu kemaren pas mau menuju ke tokonya, ternyata tokonya udah lenyap😐

    • @jensen
      ya, begitulah:mrgreen:

      @kris
      lah, saya juga cuma bisa tari sepen. itupun cm bisa tepuk tangan doang:mrgreen:
      sewa aja kalau tertarik, yang 4 besar tuh film yg udah masuk kategori klasik koq.

      @Fred Mercury
      Iya. duet itu udah legenda banget. setuju.
      betul. ini alter-blog pindahan dari blogspot (eh… gak baca penjelasannya emang??)

  2. kecuali nomor lima, semuanya sudah saya tonton *pongah*
    btw, ada satu film yang baru saya tonton, Nine dan yang paling memorable adalah adegan pada saat Penelope Cruz menyanyikan lagu A call from vatican sambil dance *eh, itu dance bukan ya?*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s