Lagu dari Belitung

Akhir-akhir ini aku mulai sering bikin cover version beberapa lagu dengan memakai gitar akustik-ku yang sudah agak berdebu Mr. Morris. Kadang penyebab utamanya adalah stress berkepanjangan akibat menyusun thesis yang rasanya tak berkesudahan. Setelah thesis selesai ditulis, mulai main gitar lagi untuk “pelampiasan”. Permainan gitarku sih biasa-biasa saja, suaraku malah lebih parah, tapi dengan bermain gitar lumayan bisa menghilangkan stress lho.

Postingan kali ini hanya untuk mngumpulkan 3 buah old folk song dari Belitung yang “berhasil” kurekam dengan kamera ponsel milikku Casio Exilim W53CA, satu diantaranya diedit dengan Windows Movie Maker untuk menambahkan lirik. Selain untuk mengenang masa kecil, postingan ini juga bisa dianggap sebagai media perkenalan terhadap lagu-lagu lama dari Belitung. Entahlah, apakah anak-anak muda sekarang hapal lagu ini atau tidak. Yang Jelas, dulu aku mempelajari lagu-lagu ini dalam pelajaran kesenian di bangku sekolah SD. Lagu Kerekutak dan Gi Nyulo setahuku ciptaan Abdul Hadi. Kepice sendiri aku tidak tahu siapa penciptanya.

1. Kerekutak

Kerekutak adalah nama ikan yang hidup disekitar karang dalam bahasa melayu Belitung. Aku sendiri tidak tahu bahasa Indonesia dari nama ikan kerekutak.

2. Gi Nyulo

Maksud dari kata Gi disini adalah pergi, sehingga arti judul lagi adalah pergi nyulo. Nyulo adalah sejenis kegiatan orang Belitung dalam menangkap ikan di laut.

3. Kepice

Kepice adalah nama jeramba (jembatan dalam bahasa Belitung) di daerah Belitung Timur. Lagu ini sepertinya lagu yang paling banyak dihapal oleh anak-anak sewaktu belajar menyanyikannya. Maklumlah, liriknya memang gampang dihapal dan dinyanyikan berulang-ulang. Kebanyakan kenalanku yang bukan penduduk Belitung (maksudnya lahir dan besar diluar Belitung) tapi pernah tinggal di Belitung, bisa menyanyikan lagu ini dengan gampang.

12 thoughts on “Lagu dari Belitung

  1. @lambrtz
    jangan bandingkan duit gaji baito saya sama beasiswa situ selama 1 bulan. gak bakalan menang deh saya.😈

    @jensen
    wajar dong, suara saya khan suara orkes melayu yg mendayu dayu😆

    @zephyr
    Kalo gitu, ini untuk pertama kalinya! dengarkan sepuasnya!

    @Disc-Co
    Dan saya gak sejago situ mainin gitar listrik😆

    2 video pertama memang saya upload ke situs yg anda sebut, tp lagu kepice gak pernah di upload disana tuh. Baru skrg saya upload ke youtube.
    Jadi, yang Dis-Co liat di situs jejaringan sosial itu punya siapa yah?🙄

  2. pertama kali denger lagu belitung..😀

    ya ampun , saya dari tadi komen terus ya..ketauan deh betapa pengangguran nya saya😄

    silahkan komen aja, gak ditarik bayaran koq😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s