Pekan Emas dan Karnaval

Golden week alias pekan emas merupakan hari libur berurutan di Jepang yang berlangsung dari akhir April hingga awal Mei setiap tahunnya. Jepang sebagai negara non religius tidak memiliki hari libur perayaan agama. Tak ada libur panjang menyambut Natal ataupun Aidil Fitri, sedangkan hari Obong tidak digolongkan sebagai hari perayaan agama. Oleh karena itu, pemerintah Jepang menetapkan beberapa hari berurutan sebagai hari libur. Untuk tahun 2010, Tanggal 29 April merupakan hari Showa atau Showa no Hi (Showa adalah nama kaisar Hirohito), 3 Mei adalah hari peringatan konstitusi atau Kenhou Kinen Hi, 4 Mei adalah hari hijau atau Midori no Hi dan 5 Mei hari anak alias Kodomo no Hi. Kebanyakan perusahaan meliburkan hari Jum’at kejepit (30 April) sehingga total hari libur berurutan menjadi satu minggu. Ingin main pada saat Golden Week? Bersiaplah dengan jalanan macet dan kerumunan orang di tempat rekreasi seperti halnya libur panjang di Indonesia.

Sebenarnya, setiap kota memiliki acara festival (matsuri) tersendiri untuk meramaikan hari libur setiap tahunnya. Misalnya saja di kota tempat aku tinggal sebelumnya seperti Hamamatsu, Tako Matsuri (festival layang-layang) menjadi atraksi unik. Fujinomiya, kota tempat aku tinggal pertama kali di Jepang memiliki Yabusame Matsuri yang telah berlangsung ratusan tahun. Tahun ini aku menghabiskan hari libur Golden Week di prefektur Shizuoka. Yang pertama “pulang kampung” ke Fujinomiya, lalu dilanjutkan dengan nonton karnaval Samba di kota Shizuoka.

Prefektur Shizuoka dikenal sebagai pusat berkumpulnya orang-orang Brazil turunan Jepang (nikkei Brazil) selain Tokyo. Awal jaman Meiji ketika Jepang mengakhiri sistem feodal, Jepang mengalami krisis ekonomi yang menyebabkan warganya mencari peruntungan di luar negeri. Salah satu tujuan mereka adalah usaha perkebunan kopi di Amerika Selatan. Entah apa yang menyebabkan banyak warga yang berasal dari prefektur Shizuoka memilih Brazil sebagai tempat mengadu nasib. Ketika perekonomian Jepang semakin membaik dan mereka membutuhkan pekerja legal (dan juga populasi penduduk), pemerintah Jepang membuka kesempatan bagi para Nikei hingga generasi ke 4 untuk kembali pulang ke Jepang. Populasi nikkei Brazil di Shizuoka (Dekasegi)memberikan pengaruh tersendiri secara signifikan termasuk diantaranya pelaksanaan karnaval tahunan di kota Shizuoka dan Hamamatsu. Malah ketika Jepang melaksanakan ajang Piala Dunia 2002 bersama Korea Selatan, Shizuoka bagaikan home-base bagi tim nasional sepakbola Brazil.

Tahun ini pelaksanaan karnaval samba Shizuoka yang ke 11 di Machi (pusat kota) Shizuoka. Seperti yang telah ditulis diatas, selain diadakan di Shizuoka, karnaval sejenis juga diadakan di Hamamatsu pada musim panas. Pesertanya sendiri terbagi dari berbagai perkumpulan nikkei Brazil, misalnya sekolah untuk anak-anak Nikei Brazil, grup tari hingga perkumpulan capoeira. Soal penampilan hot para penarinya, seorang kenalan Nikei Brazil bilang kalau para penari karnaval asli di Rio de Janeiro jauh lebih panas.

5 thoughts on “Pekan Emas dan Karnaval

  1. Satu2nya yang saya taui tentang Golden Week adalah pada minggu itu tidak ada apdet scanlation komik!😆

    &… karnaval Festival Rio itu memang gak ada duanya!:mrgreen:

    • @Zeph
      buat perubahan suasana:mrgreen:

      @jensen99
      plus menghilangnya beberapa serial anime dari jam tayang regular😆
      dan… yang di rio itu kayaknya kalau rekamannya diuplod penuh bisa ilang dari yutub kena sensor😆

  2. waktu itu aku sempat mendengarkan radio NHK dan mereka menyiarkan ttg golden week ini. sepertinya asyik ya. btw, kalau “pulang kampung” jangan ke Fujinomiya aja, sekali2 ke Tanjung Pandan gitu lo…😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s