Moment of Decades: Campione D’Europa 2010

Setelah menunggu selama 45 tahun, akhirnya Internazionale Milano kembali mengangkangi tahta penguasa eropa dengan mengalahkan Bayern Munchen 2-0 lewat dua gol yang dibuat Diego Milito. Bukan hanya itu, Inter juga mencatat prestasi sebagai klub Italia pertama yang berhasil meraih gelar treble dalam setahun. Ada tiga sosok yang menurutku sangat berperan dalam kemenangan di final Liga Champion ini tanpa mengesampingkan peran pemain dan ofisial lainnya. Yang pertama tentu saja sang pencetak dua gol Diego Milito. Yang kedua adalah Julio Cesar dengan permainan gemilang dan penyelamatannya yang nyaris flawless dibabak kedua. Yang ketiga adalah sang pelatih Jose Mourinho.



Milito dibeli Inter dari Genoa 1 tahun yang lalu. Namanya sempat tenggelam dibawah bayang-bayang tukar guling Samuel Eto’o dengan Ibrahimovic. Dua gol yang dibuat, terutama gol kedua, membuktikan kalau Milito adalah striker dunia kelas atas. Herannya, sebelum bermain untuk Inter Milan nama Milito kurang terdengar meskipun memiliki kemampuan diatas rata-rata. Sedangkan Cesar boleh dibilang salah satu kiper terbaik dunia saat ini. Kemampuannya sebagai kiper nomer satu memang sulit tergantikan, baik di Inter sendiri maupun di timnas Brazil. Seperti juga Milito, nama Cesar kurang dikenal sebelum pindah ke Inter Milan dari Chievo pada tahun 2005. Dan yang terakhir adalah sang Special One Jose Mourinho. Ketika orang-orang memprediksi Inter Milan akan bertahan, Mourinho malah memasang formasi menyerang pada awal pertandingan sehingga mengejutkan kubu Bayern Munchen. Mourinho baru menggunakan strategi grendel setelah Inter unggul 2-0 dibabak kedua. Benar-benar pelatih yang sulit ditebak pola pikirnya. Bayern Munchen boleh saja menguasai prosentase penguasaan bola, tapi justru Inter yang bermain lebih efektif. Begitu berhasil menguasai bola, Inter langsung menusuk dan mengancam pertahanan Munchen tanpa menunggu dan berputar-putar mencari celah seperti gaya permainan Munchen.

Diantara orang-orang yang berbahagia dengan gelar jawara Eropa ini, ada 2 orang yang mungkin paling membuncah perasaannya. Yang pertama tentu saja sang presiden Inter Milan Massimo Moratti yang akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya setelah memimpin Inter Milan selama 15 tahun. Orang kedua adalah il capittano Javier Zanetti yang pada pertandingan final ini bermain untuk ke 700 kalinya bagi Internazionale. Mengingat usianya telah beranjak 36 tahun, mungkin gelar treble ini adalah puncak dari akhir karirnya setelah dirinya gagal ikut Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

All of you may envy, but we crushed England champion and Spanish League winner. And now, we are defeating German champion. We are truly the King of Europe!!!

4 thoughts on “Moment of Decades: Campione D’Europa 2010

  1. selamat untuk para interisti…😐

    berharap, the special one segera hengkang dari Inter
    * i like Mourinho sejak dari Porto tapi paling tidak suka sama Inter *🙄

    • ooo… terima kasih atas selamatnya.

      berharap, the special one segera hengkang dari Inter

      supaya jangan ada yg banyak bacot ngungkitin masalah konspirasi serie A lagi yah😈

      tapi paling tidak suka sama Inter

      dan saya paling nggak suka sama juventus (walau gemar sama zidane), nomer duanya baru ac milan🙄

      btw, video youtube diatas kayaknya cocok buat anda😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s