Sensus Penduduk Jepang tahun 2010

Sensus penduduk tahun 2010 atau dalam bahasa Jepangnya 平成22年国勢調査 (Heisei 22 nen Kokusei Chousa) sudah dikampanyekan jauh-jauh hari, tapi kampanye gencarnya baru dirasakan pada saat minggu-minggu terakhir bulan September 2010. Sensus penduduk Jepang sendiri dimulai sejak tanggal 1 Oktober 2010 dan diakhiri pada tanggal 9 Oktober 2010. Yang mengikuti sensus adalah seluruh penduduk yang tinggal di negara Jepang, temasuk orang asing (legal tentunya). Kalau melihat formulir isiannya sih, sensus penduduk sepertinya digelar setiap 5 tahun sekali untuk mengetahui data statistik penduduk Jepang secara berkala.

Amplop dan Booklet (formulir sudah dikirim)

Untuk mengikuti sensus tidaklah ribet dan penuh dengan birokrasi macam-macam, walaupun untuk mengikutinya diperlukan kesadaran pribadi (mayoritas orang Jepang kuyakin pasti ikut). Pada tanggal 30 September 2010, petugas sensus datang ke masing-masing rumah penduduk dan membagikan amplop besar berisi formulir isian sensus, beserta booklet cara pengisian formulir. Seluruh isi amplop tertulis dengan bahasa Jepang, sehingga aku tidak tahu bagaimana cara orang asing yang tak bisa baca tulis Jepang dalam membaca dan mengisi formulir. Mungkin sewaktu diberikan amplop sensus, mereka diberikan keterangan seperlunya terlebih dahulu atau bisa langsung bertanya lewat telepon bebas biaya.

Cara mengikuti sensus penduduk Jepang sangat gampang. Formulir yang diterima diisi seluruhnya dengan pensil hitam (2b atau HB), kalau ada yang tidak dimengerti bisa ditanyakan langsung lewat telepon bebas biaya ke pihak petugas sensus. Setelah diisi, formulir dimasukkan ke dalam amplop dan dikirim lewat pos. Urusan sisanya diserahkan saja pada petugas sensus yang akan menyusun data hingga lengkap dan hasilnya akan diumumkan.

Poster iklan sensus dengan tokoh K-On!

Sekedar info, untuk mengajak para penduduk ikut serta dalam sensus, pemerintah prefektur Kyoto malah menggunakan tokoh animasi ngetop dari anime K-On! sebagai media iklan, mulai dari pamflet, iklan radio hingga iklan TV.

Iklan sensus di TV Prefektur Kyoto

3 thoughts on “Sensus Penduduk Jepang tahun 2010

  1. K-ON! Terkenal sekali ya di sana…:mrgreen:
    ———————-
    @Asop
    Ngetop juga animenya! Tapi lebih ngetop lagi lagu2 mereka. Sampai2 masuk 5 besar tangga musik ORICON chart melulu kalau keluar single.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s