Once Upon a Time in Japan: Journey to the West

Hampir satu bulan tidak bikin postingan baru, hal ini berkaitan juga dengan persiapan datangnya kakak liburan ke Jepang, jadi guide plus ikutan jalan-jalan ketika beliau ada di Jepang, dan terakhir memproses data-data film dan foto hasil jalan-jalan tersebut. Karena kedatangan kakak pada masa pasca gempa Tohoku, tsunami dan krisis PLTN Fukushima, tentu saja kondisi jalan-jalan agak berbeda, terutama ketika mengunjungi Tokyo yang diributkan banyak media di Indonesia dalam keadaan panik. Postingan ini aku bagi menjadi 2 bagian, yaitu perjalanan ke daerah barat (Kansai) dan perjalanan ke daerah timur (Kanto). Selain aku, yang ikut menemani kakak adalah adik perempuanku dan suaminya yang tinggal di Shizuoka.


Journey to the West

Ada dua daerah Kansai yang jadi target jalan-jalan kali ini yaitu Universal Studio Japan (USJ) di Osaka, dan kota Kyoto. Kami sudah memesan tiket shinkansen Nagoya-Osaka untuk mempersingkat waktu perjalanan (cuma sekitar 30-an menit). Tiba di stasiun Shin-Osaka, kami pindah kereta untuk menuju stasiun kereta di depan USJ. Berkunjung ke USJ kali ini adalah yang kedua bagiku. Ada beberapa permainan lawas yang menghilang digantikan permainan baru, tapi tetap saja yang menjadi favoritku adalah The Amazing Adventures of Spider-Man yang antriannya masuknya masih tetap panjang (antri 1.5 jam untuk main hanya 5 menit).

Suasana Osaka, terutama USJ, terlihat tak terpengaruh oleh bencana di Tohoku. Tak ada pemadaman listrik bergilir ataupun trauma gempa, malah terlihat USJ semakin ramai. Mungkin pengunjungnya mengalihkan tujuan liburan dari Tokyo Disney Land yang ditutup akibat gempa Tohoku dengan pergi ke USJ. Maklumlah, akhir Maret merupakan akhir minggu bagi para pelajar yang sedang menikmati masa liburan musim semi, sebelum masuk sekolah lagi pada bulan April. Pada malam harinya, USJ menutup event hari itu dengan parade yang lumayan keren (walaupun aku masih lebih suka parade Disney Land). Satu hal yang cukup mengagetkanku. Temperatur Osaka ketika menjelang sore berubah drastis menjadi sangat dingin (minus dibawah 0 derajat celcius), hal yang aneh mengingat akhir Maret sudah masuk ke musim semi. Dinginnya Osaka membuat kakakku menggigil karena tak kuat menahan suhu rendah, maklumlah manusia tropis. Kami pulang sebelum parade habis dan menghangatkan badan di kedai udon sebelum balik ke hotel.

Parade malam di USJ

Pagi setelah keluar dari hotel, kami langsung menuju Kyoto dengan mengendarai kereta listrik. Jarak Osaka-Kyoto tak terlalu jauh. Dengan menaiki kereta listrik biasa bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit. Karena diselingi dengan makan (plus ngemil), foto-foto hingga beli oleh-oleh, hanya ada 2 tempat yang sempat dikunjungi yaitu Nijojo (tempat kediaman para Shogun Tokugawa) dan Kiyomizudera. Sayangnya, bunga-bunga di taman di Nijojo belum sempurna mekarnya, termasuk sakura yang jenisnya bermacam-macam. Hanya beberapa pohon sakura jenis tertentu yang mekarnya cepat bisa dilihat, itupun belum mekar penuh.

Kiyomizudera pun sama saja. Pohon sakuranya masih gundul tanpa bunganya yang indah. Musim semi tahun ini memang telat, temperaturnya saja masih dingin walau sudah memasuki akhir bulan Maret yang seharusnya mulai hangat. Sayang sekali, padahal harapan kakakku ingin melihat sakura di Kyoto. Tapi keberuntungan ternyata belum lewat. Di area Kiyomizudera, kami bertemu dengan 4 orang Maiko yang dikerubuti orang-orang yang ingin berfoto bareng. Terus terang saja, sangat jarang ada Maiko yang keluar dan sangat sulit bisa di temui di jalan, apalagi berbarengan sampai 4 orang. Beruntungnya, mereka berempat mau diajak foto bareng bersama kakak dan adikku. Entah kenapa mereka menolak difoto secara berdampingan, mereka meminta agar kakak dan adikku maju di depan mereka berempat. Biarlah, yang penting bisa foto bareng empat orang Maiko, dan kemudian…. jepret!!!

7 thoughts on “Once Upon a Time in Japan: Journey to the West

  1. Pingback: Once Upon a Time in Japan: Journey to the East « Toumei Ningen – Personal Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s