Paul’s Granny Shit

Postingan berikut ini ada hubungannya dengan The Beatles. Kalau anda tidak tertarik membacanya, silahkan lanjutkan blogwalking anda ke postingan lain.

Kalau anda penggemar grup asal Inggris The Beatles, mungkin pernah mendengar istilah John Lennon terhadap beberapa karya musik yang diciptakan oleh Paul McCartney yaitu Paul’s Granny Music atau kadang secara lebih kasar dengan panggilan Paul’s Granny Shit. Paul sendiri menamakan karyanya yang diejek John Lennon itu dengan nama panggilan Fruity Old Songs. George Harrison sendiri menilai karya Paul ini sebagai karya yang “having fun”. Lennon mulai terang-terangan menamai Granny Music sejak pembuatan album The Beatles aka White Album, terutama sejak memulai hubungan dengan Yoko Onno. Ciri khas Paul’s Granny Shit adalah liriknya yang berupa cerita pendek dengan irama musik pop terkesan jadul (retro dan music-hall sound).

Yang mana sajakah karya Paul McCartney yang termasuk Granny Shit? Yang pasti, John Lennon menunjuk 2 lagu sebagai contoh yaitu O-bla-di-O-bla-da dan Maxwell’s Silver Hammer. Untuk Maxwell’s Silver Hammer, John terang-terangan menunjukkan rasa tak sukanya dengan menolak ikut serta dalam proses pembuatan lagu. George Harrison sendiri menunjukkan sikap netral dengan pernyataan

“one of those instant whistle-along tunes which some people hate, and other people really like. It’s a fun song……”

Aku sendiri suka dengan beberapa Paul’s Granny Shit, dan merasa biasa saja untuk beberapa lagu lain. Dan yang terpenting, bagiku Paul adalah sosok Beatle yang paling berani bereksperimen dengan berbagai genre musik berbeda, dari yang populer, alternatif, hingga yang terkesan remeh dan tak banyak musisi top yang berani merambahnya.

When I’m Sixty-Four – Liriknya memang terkesan lebay (wajar saja, Paul membuat lagu ini sewaktu berumur 16 tahun), tapi aku suka dengan gaya musik retronya
O-bla-di-O-bla-da – Entah kenapa, lagu ini enak didengar dikuping tapi liriknya malah terdengar agak menjemukan dan terdengar cheesy.
Maxwell’s Silver Hammer – Lagu ini mungkin dibenci oleh John Lennon, tapi aku menyukainya. Liriknya yang lucu itu yang bikin tersenyum walau kadang miris karena bercerita tentang pembunuhan dengan memakai martil.
Your Mother Should Know – Aku suka lagu ini, musik dan liriknya membuatku rasanya ingin ikutan berdansa.
Honey Pie – Menurutku sih lagu ini biasa-biasa saja baik lirik maupun musiknya.

Bagaimana dengan anda? Sukakah dengan 5 karya Paul McCartney diatas?
Adakah karya Paul lain yang cocok dibilang Granny Shit? Sukakah anda dengan karya Paul tersebut?


Your Mother Should Know versi Toumei Ningen

2 thoughts on “Paul’s Granny Shit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s