Musim panas adalah…..

Di Jepang, musim panas adalah…..

Musim berkeringat. Walau tak sepanas di jazirah Arab atau belahan Afrika sana, kelembaban tinggi membuat musim panas di Jepang bikin cepat berkeringat dan rasanya lengket (beta-beta kata orang Jepang). Tahun ini adalah tahun hemat listrik, jadinya bagi yang tinggal di Jepang silahkan berhemat tidak menghidupkan AC dan mengandalkan kipas angin atau kipas sate. Saya sih nggak kuat nahan panas dan sedang menghemat keringat, jadinya AC jalan teruuuussssss……..

Musim makanan basi. Dengan alasan kelembaban tinggi, membuat makanan cepat basi. Ini menyebalkan jika ingin masak dengan porsi cukup banyak, karena aku kadang ingin sekali memasak untuk 2-3 kali makan. Hasilnya: makan sekali, sisanya terpaksa dibuang karena basi. Ujung-ujungnya hidup lebih boros karena sering makan di luar karena males masak.😦

Musim serangga. Suara zemi (Cicada) ber-krik-krik bagaikan nyanyian musim panas, kabutomushi, kuwagatamushi dan serangga menarik lainnya ramai diburu anak-anak, dan yang paling menyebalkan adalah teror kecoa. pssstttt…. pssssttttt (suara semprotan pembasmi serangga)

Musim matsuri. Berbagai kota biasanya menyambut musim panas dengan berbagai festival seperti misalnya yang terkenal merupakan matsuri musim panas adalah Tanabata Matsuri dan Bon Matsuri.

Musim Hanabi. Setiap kota biasanya mengadakan acara nonton kembang api, ada yang besar-besaran ada pula yang kecil-kecilan. Bahkan beberapa tempat komersil seperti Tokyo Disney dan Universal Studio, khusus mengadakan acara kembang api di musim panas.

Musim yukata. Yukata adalah kimono sederhana yang terbuat dari kain katun dan biasanya dipakai di luar rumah hanya pada saat musim panas. Nonton matsuri? pakai yukata! Nonton hanabi? pakai yukata! Menari di acara Bon-odori? pakai yukata!

Musim mata jelalatan. Para cowok gatel mau ngecengin cewek-cewek (khusus di kota besar) berbaju seksi? musim panaslah saatnya. Mulai dari cewek pakai bikini di pantai dan kolam renang, short pants, mini skirts, hingga tank-top seksi. Tapi awas! jangan dilihat terus-terusan atau disuit-suit, karena yang punya bisa marah dan melapor pada polisi! Pakailah kaca mata hitam agar lirikan mata anda tak terlalu kentara….

4 thoughts on “Musim panas adalah…..

  1. Kalo di sini, musim panas itu…apa ya?:mrgreen: (hujan terus)

    Pakailah kaca mata hitam agar lirikan mata anda tak terlalu kentara

    Pengalaman kayanya nih. Berarti sudah dites?

    • Pengalaman kayanya nih. Berarti sudah dites?

      Pengalaman dalam mengamati prilaku lajang gatel. Belum pernah dites sendiri, wong saya nggak gatel. Kalau situ mau, silahkan mencoba. Semoga sukses \m/

  2. kalo di sini musim panas itu panas terik walau nggak seterik di sana mungkin, udara kering dan tiba-tiba hujan deras dan tanpa matsuri😐

    • @Rukia
      Sayangnya saya nggak bilang panas di Jepang terik, tapi panas lembab. Panas kering bagiku jauh lebih enak daripada panas lembab. Lagian bulan depan khan ada matsuri besar2an yang disebut lebaran:mrgreen:
      Selamat menunaikan ibadah puasa Tante Rukia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s