Anjo Tanabata Matsuri 2011


Seperti yang telah saya tulis pada postingan sebelumnya, musim panas adalah musim banyak matsuri (festival). Kali ini aku pergi ke kecamatan tetangga di Anjo-shi untuk menikmati acara tahunan Anjo Tanabata Matsuri ke-58 yang diselenggarakan selama 3 hari, tanggal 5, 6, dan 7 Agustus 2011. Lokasi acaranya sendiri bertempat di dekat Stasiun Anjo, sehingga memudahkan para pengunjung yang memakai tansportasi kereta listrik. Tema Anjo Tanabata Matsuri tahun ini adalah Kibou (harapan).

Tanabata Matsuri sebenarnya berawal dari festival Qixi yang diimpor dari budaya China. Festival Qixi telah lama diadopsi dan bercampur dengan budaya lokal sehingga menciptakan festival yang berbeda dan khas Jepang. Di Jepang sendiri, tanabata dirayakan di banyak daerah di Jepang pada waktu yang berbeda antara bulan Juli hingga Agustus. Mengapa antara bulan 7 hingga bulan 8? Karena Qixi original dirayakan berdasar kalender China yang berdasarkan peredaran bulan (Lunisonar Calendar), sedangkan Jepang modern sudah menggunakan kalender Gregorian yang berdasarkan matahari. Tanabata berarti malam ke tujuh, dimana menurut cerita, dua kekasih Hikoboshi dan Orihime hanya bisa bertemu di malam ke-7 pada bulan ke-7. Bulan 7 dalam kalender China berada dalam bulan 8 kalender Gregorian, sehingga tanabata dirayakan oleh masing-masing daerah berbeda-beda antara bulan Juli dan Agustus. Misalnya saja Hiratsuka Tanabata Matsuri di Kanagawa dilaksanakan pada sekitar tanggal 7 bulan Juli, sedangkan Anjo Tanabata Matsuri dan Sendai Tanabata Matsuri dilaksanakan pada sekitar tanggal 7 bulan Agustus.

Tadinya kukira Anjo Tanabata Matsuri hanya sekedar festival kecil-kecilan. Ternyata melebihi perkiraanku karena kulihat pengunjung membelundak dan daerah yang dicover untuk acara lumayan luas. Sekedar perbandingan, aku pernah datang ke Shimizu Tanabata Matsuri 2007 yang relatif lebih kecil luas area pelaksanaan acaranya dan juga pengunjungnya tidak ramai-ramai amat. Seperti halnya tanabata matsuri ditempat lain, banyak fuginagashi yang diikat dibatang bambu dan tentu saja tanzaku (kertas kecil untuk menuliskan doa/permintaan) yang digantung di dahan bambu.

Cewek beryukata menulis harapan di tanzaku

Aku datang agak sore sekalian ngabuburit dan berniat buka puasa disana, soalnya ada matsuri berarti banyak kios makanan buka untuk menjual penganan khas matsuri. Sore hari terlihat banyak keluarga yang datang, tentu saja banyak anak-anak kecil ikut orang tuanya bersenang-senang. Menjelang magrib anak-anak kecil tersebut mulai tak kelihatan karena orang tua mereka juga telah pulang membawa anak-anaknya. Tinggal orang dewasa yang masih berseliweran dan makin malam malah makin ramai. Rupanya banyak pasangan kekasih memilih datang di malam hari, selain itu juga banyak rombongan antar kawan. Kebanyakan dari rombongan cewek yang datang, mereka memakai yukata (kimono ringkas untuk musim panas) dengan kaki beralaskan geta (bakiak). Cowoknya jarang yang memakai yukata, sebagian besar berdandan casual untuk musim panas. Mayoritas anak-anak kecil, terutama anak perempuan, mengenakan yukata ukuran kecil.

O iya…. untuk berbuka puasa, aku membeli takoyaki dan jagabata di kios penjual makanan yang banyak tersebar. Takoyaki rasanya kurang enak (tapi habis dimakan juga) dan jagabata rasanya lumayan juga. Pengen sih mencoba makanan lain, tapi khawatir dengan campuran babi yang kemungkinan besar ada. Jadinya aku cukup puas dengan takoyaki dan jagabata.

Untuk foto-foto lainnya, silahkan lihat di blog foto Kimagure.

8 thoughts on “Anjo Tanabata Matsuri 2011

  1. saya rencana ambil tanabata matsuri untuk bahan skripsi..bisa kasi info lebih detail lagi terutama bentuk upacara nya dan makna tanabata bagi masyarakat jepang. terima kasih

    • Tinggal buka wikipedia doang, ini nih saya kasih link-nya
      Karena buat skripsi, wikipedia tentunya gak tepat masuk daftar pustaka. Silahkan cari bahan referensi dibawah tulisan wikipedia dan baca buat bahan skripsi.

      • maaf, satu lagi, bisa tidak kalau saya wawancara ando-kun??? untuk buku sih saya sudah ada, tapi kata dosen akan lebih bagus kalau pengamatan langsung, berhubung saya tidak bisa ke jepang (no money..heheh) bisa tidak kalau saya wawancara ando-kun?? nanti saya kirim daftar pertanyaannya via email bisa? atau wawancara via skype bisa???
        たいへんおねがいします。。。。

  2. hallo. wah kebetulan bgt ya saya nemu tulisan ini. btw saya juga mau ambil bahan skripsi tentang tanabata, dan lagi kebingungan tentang detail tanabata matsurinya. bisa minta tolong ga? onegaiitashimasu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s