Eid Mubarak 1432 H

Perlu saya tegaskan, saya merayakan Idul Fitri 1432H, tapi tidak merayakan lebaran.

Bukannya saya mengeluh, tapi bagaimana bisa merayakan lebaran tanpa libur, sungkem pada orang tua, mengunjungi sanak kerabat untuk silaturahmi, dan yang pasti makan hidangan lebaran. Kalau yang saya sebut diatas tidak dilakukan, jangan sebut anda merayakan lebaran.

Port Messe Nagoya tampak dari depan

Walau begitu, saya merayakan Idul Fitri koq. Tadi sempat sholat Ied di Port Messe Nagoya, tempat sholat Ied yang diselenggarakan oleh pihak Nagoya Mosque. Sempat ragu karena Nagoya Mosque belum memberikan konfirmasi pada hari apakah 1 Syawal 1432H akan jatuh. Konfirmasi yang ditunggu dari Ru’yat-e-Hilal Committee di Japan Islamic Center diberikan setelah pukul 21:30 waktu Nagoya, dan untungnya mereka masih menerima telepon walau kuhubungi pada saat hampir tengah malam. Dan keputusannya 1 Syawal 1432H jatuh pada tanggal 30 Agustus 2011 untuk Jepang dan sekitarnya.

Khotib sedang berkhotbah

Suasana sholat Ied di Port Messe Nagoya juga tak terlalu istimewa bagi saya pribadi. Mungkin karena saya tak mengenal satu orangpun hadirin. Maklumlah, saya khan pendatang baru di Nagoya. Apalagi kalau mengingat saya ini orang kampung dari Fujinomiya:mrgreen:
Imam sholat Ied dan khotib, sama dengan orang yang biasanya memimpin sholat Jum’at di Nagoya Mosque, dan seperti biasanya dengan bahasa Arab. Yang berbeda adalah bagian penerjemah. Tadinya saya bingung ketika seorang anak muda dengan rambut potongan gaul dan pakaian non-kyai (tahu sendirilah kayak apa pakaian standar pak kyai) maju ke depan mimbar. Rupanya dia bertugas mentranslasi khotbah Ied hari ini, pertama dengan bahasa Jepang dan dilanjutkan dengan bahasa Inggris, lengkap dengan bacaan surah Al-Qur’an dan Hadits yang diucapkan dengan bahasa Arab. Pengucapan untuk ketiga bahasa yang digunakan boleh dibilang bagus dan lancar, dengan spelling dan prononsasi yang sempurna. Gara-gara anak muda ini, sholat Ied tahun ini menimbulkan kesan berbeda.

NB.
Dari jauh, tampangnya mirip-mirip Irfan Bachdim😆

Sang Translator

Saya juga merayakan Idul Fitri dengan membuka pintu ma’af bagi yang ingin dan bisa dima’afkan. Sekaligus juga disini saya mohon ma’af jika ada tulisan dan komentar yang menyinggung pembaca sekalian.

Taqoballahu minna wa minkum

Mohon Ma’af Lahir dan Batin

22 thoughts on “Eid Mubarak 1432 H

  1. Selamat Idulfitri ya… Mohon maaf lahir batin.
    Lebaran memang berbeda jika di perantauan ya. Saya yang tidak lebaranan saja merasa aneh melewati Idulfitri di Tokyo🙂 Dulu waktu masih single, biasanya ikut silaturahmi ke Wisma Duta, tapi sejak punya anak…sulit deh.

    EM

  2. Kalo bukan karena tangannya gak bertato, pasti dah kusangka Irfan Bachdim juga.😯

    Di Nagoya gak ada temen muslim bro? Kebayang sih rasanya, pulang dari sholat Id lalu kehidupan berjalan normal, gak ada sungkem2an dan makan2..🙂

    • tato palsu bisa dibikin pake photoshop koq😈
      temen muslim di sekitar Nagoya ada sih, tapi khan lebaran hari selasa (bukan libur), jadinya pulang sholat ied langsung siap-siap nguli lagi. Belum lagi kalau dihitung temen muslim juga pada nguli di tempat masing-masing.

    • @Putri
      Sama-sama, Maaf lahir & Bathin juga. Yang jadi translator gak kenal, jadinya gak tau orang Jepang atau orang mana. Yang pasti, kalaupun orang non-Jepang, kemungkinan besar turunan Jepang atau emang dari kecil sekolah di Jepang (SD atau SMP atau SMA)

  3. jam pelaksanaan sholat ied’nya jam berapa ya! trus ada gelombang 1 2 ‘nya tdak.! soalnya klau dateng dari jauh takut udah klewat jamnya. informasinya sangat membantu bget,thnks sblumnya.

    • @toyotashi
      Jum’at kemarin udah ada kabar kalau jadwal sholat Iedul Fitri tahun ini di tempat yang sama dengan tahun kemarin, cuma belum ada khabar pasti soal waktu. Coba hubungi masjid Nagoya untuk info lebih detail.

  4. Pingback: Eid Mubarak 1433H dan kesendirian | Toumei Ningen – Personal Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s