Tips lulus driving test di Hirabari Nagoya

Postingan berikut ini sebenarnya lebih ditujukan untuk diri sendiri, sebagai pengingat sekaligus persiapan mental untuk mengikuti ujian kemampuan menyetir mobil. Bagi siapapun yang berdomisili di sekitar Nagoya dan bermaksud mendapatkan SIM (Surat Ijin Mengemudi) Jepang, semoga tulisan ini bisa membantu. Para penduduk perfektur Aichi mempunyai dua menkyo center (semacam satlantas di Indonesia) untuk mengikuti ujian memperoleh SIM Jepang, yaitu di Hirabari Menkyo Center dan Toyokawa Menkyo Center. Penduduk yang berdomisili di sekitar Nagoya seperti halnya saya sendiri diharuskan melaksanakan ujian di Hirabari.

Bagi orang asing yang tinggal di Jepang, ada 2 jenis SIM yang bisa diperoleh yaitu karimen (kari unten menkyo) dan gaimen kirikae (gaikoku menkyo kirikae). Karimen diperoleh dengan cara mengikuti ujian dari awal dengan tingkat kesulitan penuh, sedangkan gaimen kirikae diperoleh dengan mengikuti ujian dengan tingkat kesulitan setengah dari tingkat kesulitan karimen. Perbedaannya adalah, para pemohon karimen tidak memiliki SIM lokal negara asal pemohon, sedangkan pemohon gaimen kirikae memiliki SIM lokal negara asal pemohon yang akan ditukarkan menjadi SIM Jepang. Karena saya memiliki SIM Indonesia, saya memilih mengikuti ujian gaimen kirikae yang lebih mudah pelaksanaannya. Tips berikut yang saya tulis, beberapa bagian tertentu secara umum untuk semua tipe ujian, tapi secara khusus untuk gaimen kirikae (terutama dari contoh rute) mobil automatic.

INGAT: Harap mengikuti tips secara berurutan, karena jika urutan yang dikerjakan terbalik, ada kemungkinan mendapat pengurangan nilai.

Sebelum Mengemudi

1. Peserta sebaiknya mengecek bagian depan dan belakang mobil, termasuk melongok ke kolong mobil untuk memastikan keamanan seperti halnya kemungkinan adanya kucing/anjing yang berteduh dibawah kolong mobil.
2. Peserta masuk ke dalam mobil dengan urutan: buka pintu; masuk mobil; tutup pintu; kunci pintu lock-all; memaju mundurkan kursi untuk mendapatkan posisi ternyaman ketika menyetir; mengecek kaca spion tengah (gerakkan hanya dengan satu tangan kiri saja), kaca spion kanan dan kiri agar bisa melihat sekeliling dengan pas; memasang seat-belt.
3. Jangan langsung memasang seat-belt sebelum melakukan urutan yang ditulis diatas karena akan mengurangi nilai.
4. Jangan lupa menginjak pedal rem sebelum menyalakan mesin, lalu start engine.
5. Setelah mesin menyala, ikuti urutan berikut: masukkan tuas transmisi ke posisi D (Drive), turunkan hand-break, nyalakan lampu sen kiri, lihat sekeliling (kanan-kiri-depan-belakang) baik langsung maupun lewat kaca spion.
6 Jika semuanya aman, injak pedal gas dan mengemudi dimulai.

Ketika Mengemudi

Lihat panduan rute dari denah dibawah ini, sebagai contoh untuk B course

a. Injak pedal gas, belok kiri dari posisi start.

a-b. Injak pedal gas hingga kecepatan maksimal 40 km/jam (karena jalan lurus).

b-c. Turunkan kecepatan hingga maksimal 30 km/jam (karena ada sedikit belokan).

c-d. Naikkan lagi kecepatan hingga maksimal 40 km/jam (karena jalan lurus).

d-e. Lepas pedal gas, jangan rem, kontrol kecepatan dan biarkan melaju dengan kecepatan biasa.

e. 30 meter sebelum titik e (ada penghalang), nyalakan lampu sen kanan, lihat kaca spion tengah, lihat kaca spion kanan, menoleh dan lihat langsung dengan mata kepala kondisi sebelah kanan belakang mobil, dekat titik e barulah belok kanan pindah jalur, rem sedikit dan atur kecepatan sedang. LAKUKAN BERURUTAN.

e-f. Nyalakan lampu sen kiri, lihat kaca spion kiri, menoleh dan lihat langsung dengan mata kepala bagian kiri mobil, belok kiri.

f-g. Speed up hingga dekat titik g, nyalakan lampu sen kanan, lihat kaca spion tengah, lihat kaca spion kanan, menoleh dan lihat langsung dengan mata kepala kondisi sebelah kanan belakang mobil, setelah dekat titik g barulah belok kanan untuk pindah jalur, rem sedikit dan atur kecepatan sedang. LAKUKAN BERURUTAN.

g-h. Sedapat mungkin posisi mobil mepet ke garis di tepi kanan pinggir mobil. Speed up hingga dekat titik h, nyalakan lampu sen kanan, pandangan ke depan untuk melihat apakah ada mobil dari arah berlawanan, injak rem hingga kecepatan lambat. Jika ada mobil dari arah berlawanan, berhenti sekitar 5 meter dari tanda belokan zebra, tunggu mobil tersebut lewat barulah belok kanan. Jika tidak ada mobil silahkan langsung belok kanan.

h-i. Sedapat mungkin posisi mobil mepet ke garis di tepi kanan pinggir mobil. Speed up hingga dekat titik i, rem hingga kecepatan lambat, nyalakan lampu sen kanan, ikuti tanda warna lampu lalu lintas. Kuning berkerlip berarti kecepatan rendah (jangan berhenti), tetap melaju belok kanan sambil kepala menoleh melihat kanan-kiri-kanan.

j. Sedapat mungkin posisi mobil mepet ke garis di tepi kanan pinggir mobil. Speed up hingga dekat titik j, rem hingga kecepatan lambat, nyalakan lampu sen kanan, ikuti tanda warna lampu lalu lintas. Jika hijau silahkan belok kanan dengan pandangan melihat kondisi zebra-cross di kanan, atau jika merah langsung stop, atau jika kuning lebih baik berjalan lambat dan stop sebelum garis batas berhenti. Lihat lampu lalu lintas, jika hijau menyala, jangan langsung maju tapi lihat kanan-kiri-kanan (cek zebra-cross), barulah maju dan belok kanan tepat melewati jalur panah dekat segi empat ketupat di tengah persimpangan.

k. Sedapat mungkin posisi mobil mepet ke garis di tepi kiri pinggir mobil. Speed up hingga dekat titik k, rem hingga kecepatan lambat, nyalakan lampu sen kiri, lihat apakah ada mobil datang dari jalur kanan. Jika ada, berhenti. Jika tidak ada, lihat kaca spion kiri, menoleh dan lihat langsung dengan mata kepala bagian kiri mobil, lalu lihat dan pastikan lagi apakah ada mobil datang dari jalur kanan, jika tidak silahkan belok kiri belok kiri. Sedapat mungkin belok dengan posisi mobil mepet di garis tepi kiri pinggir mobil.

l. Sedapat mungkin posisi mobil mepet ke garis di tepi kiri pinggir mobil. Speed up hingga dekat titik l, rem hingga kecepatan lambat, nyalakan lampu sen kiri, lihat kaca spion kiri, menoleh dan lihat langsung dengan mata kepala bagian kiri mobil, belok kiri dengan kecepatan rendah, susuri garis tepi kiri jalan.

m. Nyalakan lampu sen kiri, lihat kaca spion kiri, menoleh dan lihat langsung dengan mata kepala bagian kiri mobil, belok kiri dengan kecepatan rendah (jangan berhenti)

m-n. Lewati jalan letter S dan crank dengan kecepatan rendah. Hati-hati jangan sampai jatuh ke selokan pinggir ataupun tubuh mobil menyentuh jejeran tuas kecil di pinggir dekat belokan.

n. Nyalakan lampu sen kanan, dengan kecepatan perlahan lihat jalur kanan dan kiri. Jika ada mobil, langsung berhenti. Jika tak ada mobil, naikkan kecepatan dan sebisa mungkin belok kanan dengann sudut hampir 90 derajat, ambil jalur pinggir kiri.

n-o. Speed up hingga dekat titik o, nyalakan lampu sen kanan, lihat kaca spion tengah, lihat kaca spion kanan, lihat langsung dengan mata kepala kondisi sebelah kanan belakang mobil, setelah titik o barulah belok kanan untuk pindah jalur, rem sedikit dan atur kecepatan sedang. LAKUKAN BERURUTAN.

p. Turunkan kecepatan mendekati titik p, sedapat mungkin posisi mobil mepet ke garis di tepi kanan pinggir mobil, nyalakan lampu sen kanan, pandangan ke depan untuk melihat apakah ada mobil dari arah berlawanan. Jika ada mobil dari arah berlawanan, berhenti sekitar 5 meter dari tanda belokan zebra, tunggu mobil tersebut lewat barulah belok kanan. Jika tidak ada mobil silahkan langsung belok kanan.

q. Speed up hingga dekat titik q, rem hingga kecepatan menurun, ikuti tanda warna lampu lalu lintas. Jika hijau silahkan maju terus dengan pandangan melihat ke depan, atau jika merah langsung stop, atau jika kuning lebih baik berjalan lambat dan stop sebelum garis batas berhenti. Lihat lampu lalu lintas, jika hijau menyala, jangan langsung maju tapi lihat kanan-kiri-kanan (cek zebra-cross), barulah maju.

r. Di pertengahan persimpangan, nyalakan lampu sen kiri, sedapat mungkin posisi mobil mepet ke garis di tepi kiri pinggir mobil, lihat kaca spion kiri, menoleh dan lihat langsung dengan mata kepala bagian kiri mobil, belok kiri dengan kecepatan rendah (jangan berhenti).

r-s. Speed up hingga dekat titik s, rem hingga kecepatan menurun, nyalakan lampu sen kiri, lalu berhenti total sebelum garis dengan tanda tomare (berhenti).

s. Menoleh lihat apakah ada mobil datang di jalur kanan, jika tak ada lanjutkan lihat kiri, lihat spion kiri, menoleh dan lihat langsung dengan mata kepala bagian kiri mobil, sekali lagi menoleh lihat kanan. Jika ada mobil datang di jalur kanan, tunggu sampai mobil lewat dan ulangi lagi mulai dari melihat kanan hingga menoleh dan lihat langsung dengan mata kepala bagian kiri mobil, lalu sekali lagi menoleh lihat kanan.

s-t. Belok kiri, ambil jalur kanan, sedapat mungkin posisi mobil mepet ke garis di tepi kanan pinggir mobil, nyalakan lampu sen kanan, pandangan ke depan untuk melihat apakah ada mobil dari arah berlawanan.

t. Jika ada mobil dari arah berlawanan, berhenti. Jika tak ada mobil, belok kanan masuk area parkir

u. Dengan kecepatan rendah, nyalakan lampu sen kanan, pandangan ke depan, belok kanan dan parkir mobil di posisi semula.

Hal yang patut diingat selama mengemudi:
– Sedapat mungkin, rute seluruh ujian baik A maupun B dihapal luar kepala sebelum ujian dilaksanakan. Supaya selama ujian anda bisa konsentrasi ke teknik menyetir.
– Tambahlah kecepatan (speed up) selalu ketika berada di jalur lurus, walau jaraknya pendek sekalipun. Jangan bergerak lambat karena mengurangi nilai! Jarak sependek 20 meterpun harus injak pedal gas.
– Lampu sen dinyalakan sekitar 30 meter sebelum belok.
– Sebelum belok kiri jangan lupa melihat kaca spion kiri dan pastikan sekali lagi melihat kondisi sebelah kiri mobil dengan mata kepala sendiri secara langsung, karena kadang ada pengendara motor mencoba menyalip di sisi kiri mobil.

Selesai Mengemudi

1. Berhenti tepat di sebelah garis pinggir kiri mobil di tempat parkir, dpastikan ujung mobil sejajar dengan tongkat kuning pembatas di pinggir kiri mobil ketika berhenti.
2. Angkat tuas rem tangan, lalu masukkan tuas transmisi ke posisi P (Parkir), matikan mesin, angkat kaki anda dari pedal rem.
3. Lepaskan seat belt, mundurkan kursi, buka kunci pintu yang sebelum berada di posisi lock, lihat spion kanan, cek dengan mata sendiri keadaan di luar terutama belakang mobil, buka pintu sedikit, pastikan sekali lagi keadaan di belakang mobil, keluar dari mobil, tutup pintu mobil.
4. Selesai.

A course memiliki jalur dan rute berbeda dengan B course, tapi tips cara mengemudi untuk A course tak jauh beda dengan cara untuk B course diatas.

Hirabari Gaimenkirikae A Course Route

NB.
Ada baiknya mengikuti latihan mengemudi yang diadakan koperasi keselamatan lalu lintas yang gedungnya terletak di sebelah bangunan Hirabari Menkyo Center. Latihan sekali sangat membantu mengerti kondisi di lapangan, karena instrukturnya memberi tahukan point-point penting seperti yang saya tulis diatas secara langsung di lapangan. Sekali latihan menghabiskan waktu 50 menit dengan bayaran 7000 yen. Ditambah uang masuk 3.500, total bayar pertama kali 10.500 yen. Mahal memang, tapi paling tidak cobalah sekali. Nama koperasi tersebut 愛知県交通安全協会 (Aichi-ken Koutsu Anzen Kyoukai)

14 thoughts on “Tips lulus driving test di Hirabari Nagoya

  1. *lihat bagian urutan kerja dan BERURUTAN*
    *depresi*
    Kalau di Indonesia begini, saya ndak bakal pernah bisa lulus. Bagaimana caranya bisa mengingat URUTAN kerja sebanyak itu…. T_T

  2. @Imelda
    Koq aku jadi iri sama mbak imel, nggak perlu susah payah ikut tes yang ngabisin waktu dan uang, tinggal tuker SIM langsung jadi deh SIM Jepang😐

    @Jensen
    Hahahaha…. kalau gitu belajar nyetirnya justru pas udah dapet SIM yah.
    btw, saya juga dulu nembak koq pas dapet SIM Indonesia😈

    @Akiko
    Saya sendiri baru bisa lulus dapet SIM pada ujian ulangan yang ke-3 kalinya. Itupun sudah ditambah dengan 2 kali session latihan yang menghabiskan biaya 7000 yen/50 menit.
    Pas lulus rasanya benar-benar lega, fiuuuhhh…. akhirnya lulus juga.😀

  3. info yg sangat bermanfaat, kalo untuk latihan mengemudi yang di sebelah bangunan Hirabari Menkyo Center itu hari sabtu minggu buka ga ya?
    saya ingin latihan dulu sebelum tes yg sebenarnya🙂

    • @Ridaf
      Sabtu buka, tp hrs cepat daftar krn hampir selalu penuh. Maklumlah, banyak orang kerja/sekolah pas hari senin-jumat, cm bisa sabtu doang. Hari minggu tutup

      • @ridaf
        Maksudku mesti daftar 2-3 minggu sebelumnya. Susah loh, rata2 udah pada di booking1-2 minggu sebelumnya🙂
        Yang nyebelin tuh, gak bisa daftar via telpon. Mesti datang sendiri ke sana

      • Oh bgitu, iya Ando san trima kasih penjelasannya, maaf masih kuper jdinya bnyak nnya terus😀
        oke klo bgtu, sy ikutin anjuran Ando san, insyaAllah ma istri mo brankat pagi hr ini🙂

    • Ando san maaf mau tnya lagi, aku blm pernah ke hirabari, kalo dri hirabari eki ke tmpat kursus mobil kmana aja ya arahnya?

      Trus dnger2 di daerah hirabari ada nmnya Kyosei Koutsu Daigaku ktnya kursus mobil jg tpi murah skitar 5000 yen lbih, tau ga ando san?

      • @ridaf
        Kalau yang dimaksud tempat latihan nyetir itu, nama gedungnya 愛知県交通安全協会 (Aichi-ken Koutsuu Anzen Kyoukai).
        Dari Hirabari eki, naik bis tujuan ke menkyo senta (menkyo center maksudnya). Ingat, itu bukan kursus tapi buat latihan doang. Kalau mau kursus harus ke tempat kursus, spesial buat kursus nyetir mobil dan harganya mahal banget.

        Ada juga kursus singkat (biasanya buat orang asing, yang mengelola biasanya orang brazil atau filipina). Instruktur tempat kursus singkat ini biasanya nemenin peserta buat ngasih tau trik-trik sebelum ujian di mulai ujian, hanya saja ngasih taunya sambil jalan kaki sekitar 1 jam sebelum ujian. Menurutku sih mending langsung latihan di koperasi Koutsuu Anzen Kyoukai itu, soalnya latihan pakai mobil yang nantinya dipakai buat tes nyetir.

        Kalau soal kursus, maaf aku nggak tau. Aku ikut tes langsung sendiri. 2 kali latihan di Kyoukai, 3 kali ujian nyetir sebelum akhirnya lulus.

  4. Zannen ando san, tdi aku cb daftar latihan, katnya ga bs langsung, harus dafar ke kantor polisi dlu baru boleh latihan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s