Mau ke Mana di Nagoya?

“Temanku bilang, katanya di Nagoya gak ada tempat main yang asyik”

Begitulah kira-kira kata Apratz ketika kopdar awal November 2011 kemarin. Saat itu aku memang tak terlalu memperhatikan, tapi sekarang tiba-tiba aku terpikir. Kalau misalnya ada kenalan yang ingin main ke Nagoya dan minta saran tempat main yang asyik, kira-kira apa jawabanku?

Sebenarnya sih, tempat main yang asyik itu juga relatif tergantung orangnya. Bagi otaku, mungkin tempat main yang keren itu semacam Akihabara. Bagi yang doyan clubbing, tentunya tempat penuh night club adalah surga. Aku sendiri suka pemandangan dan arsitektur bangunan kuno, jadinya paling suka ke tempat berpanorama indah ataupun juga kastil kuno. Disini aku mencoba untuk memberikan saran beberapa tempat yang pernah kukunjungi di Nagoya dan sekitarnya. Kenapa harus dengan embel-embel dan sekitarnya? Walaupun Nagoya termasuk kota terbesar nomor 3 di Jepang, tetap saja banyak kawasan wisata yang terletak di luar kota Nagoya. Ibarat kota Tokyo yang paling besar di Jepang, theme park yang memakai kata Tokyo seperti Tokyo Disney Land saja terletak di propinsi Chiba, bukan Tokyo. Yah…. Tokyo dan sekitarnya lah:mrgreen:

Belanja dan Clubbing
Anda mau belanja di Nagoya? Tempat paling terkenal buat tukang belanja ada di kawasan bisnis bernama Sakae. Kawasan Sakae ini memang penuh dengan pertokoan, yang sayangnya kurang cocok bagi anda yang berkantong tipis. Maklumlah, pertokoan di Sakae biasanya menjual barang-barang bermerek dan mahal. Di Sakae juga berdiri Nagoya TV Tower yang bisa dilihat light-up nya di malam hari.
Bagi anda yang doyan clubbing, Sakae di malam hari beralih rupa menjadi kawasan penuh night-club dan bar. Malah aku pernah dengar dari teman kalau di area Nishiki San-chome ((錦三丁目) atau disingkat Kin-San, adalah kawasan lampu merah Nagoya.

Nagoya TV tower dan Oasis 21 di daerah Sakae

Nagoya TV tower dan Oasis 21 di daerah Sakae

Ingin belanja dengan isi dompet pas-pasan? Silahkan pergi ke kawasan Oosu Kannon. Sebenarnya Oosu Kannon adalah nama kuil Buddha di daerah Oosu, Nagoya. Tapi di sekeliling kuil tersebut, berjejer toko-toko yang menjual bermacam-macam barang dan harganya lebih miring dibandingkan Sakae. Seperti yang bisa diduga, barang-barang non-branded alias bukan barang bermerek ngetop memang banyak dijual di sana.

Pusat perbelanjaan Oosu Kannon,depan gerbang masuk Niomon

Kastil dan Kuil
Satu-satunya kastil yang terletak di dalam kota Nagoya adalah Nagoya Castle (dalam bahasa lokal disebut Nagoya-Jo atau Meijo). Kastil ini merupakan kastil replika alias bukan kastil asli, karena kastil Nagoya yang asli sebagian besar bangunannya sudah habis terbakar akibat serbuan pesawat pembom Amerika dan sekutunya pada Perang Asia Pasifik. Soalnya pada saat itu, kota Nagoya dijadikan oleh pemerintahan militer Jepang sebagai salah satu pangkalan militer utama mereka, tentunya menjadi sasaran utama pengeboman musuh. Kastil Nagoya lumayan indah kalau disambangi pada musim semi dengan pohon sakura di taman sekitar kompleks kastil yang ditanami pada posisi strategis. Aku sendiri kurang tertarik dengan kastil Nagoya, bukan bangunan asli sih.

Kalau bicara asli, Inuyama Castle adalah kastil dengan bangunan asli yang dianggap sebagai bangunan kastil asli tertua dan masih berdiri di Jepang. Inuyama Castle terletak di luar kota Nagoya, tepatnya di kabupaten Inuyama. Masih satu perfektur sih dengan Nagoya, yaitu sama-sama perfektur Aichi. Silahkan baca tulisanku tentang Inuyama Castle di tulisan ini.

Kuil yang paling terkenal di Nagoya adalah kuil Atsuta. Kuil Atsuta adalah kuil Shinto (Jinja/shrine) dan termasuk salah satu kuil Shinto besar dan terpenting di Jepang. Kalau ingin berkunjung ke kuil Atsuta, disarankan agar berkunjung pada saat diadakan matsuri (festival). Diluar event matsuri, kuil Atsuta tak jauh beda dibanding kuil Shinto lainnya dimata orang non-Jepang.

Amusement Park
Menurutku, Nagashima Spa Land adalah amusement park paling menarik di sekitar Nagoya. Memang tidak terletak di perfektur Aichi, tetapi terletak di pinggiran perfektur Mie yang berada di pinggiran perfektur Aichi. Tak jauh dari Nagashima Spa Land, terdapat Nabana no Sato yang cukup terkenal pada saat musim dingin dengan pertunjukan illumination-nya.

Illumination di Nabana no Sato pada musim dingin

Amusement park lain yang ada di dalam perfektur Aichi adalah Lagunasia yang terletak di daerah Gamagori. Lagunasia sangat ramai dikunjungi pada musim panas karena Lagunasia menyediakan berbagai macam atraksi yang berhubungan dengan kolam renang. Pada malam tertentu di musim panas, Lagunasia juga menghadirkan atraksi kembang api yang menarik.

Satu-satunya aquarium umum yang ada di Nagoya adalah Port of Nagoya Public Aquarium ( Nagoya-ko Suizokukan) yang terletak di pelabuhan Nagoya. Lumayan sih, walau tak sebagus Sea Paradise yang pernah kukunjungi di Yokohama. Dulu disamping aquarium terdapat Italia Mura (kampung Italia) yang tutup pada tahun 2008.

Museum
Museum yang paling menarik di Nagoya dan sekitarnya adalah Meiji Mura, malah boleh dibilang kalau Meiji Mura adalah kawasan wisata yang paling kusukai di perfektur Aichi. Meiji Mura bukanlah museum biasa melainkan open-air museum, dimana koleksinya adalah bangunan-bangunan asli jaman meiji hingga awal jaman showa yang dibangun ulang di kawasan khusus tersebut. Untuk berkeliling kawasan Meiji Mura yang luas itu, kita bisa menggunakan bis atau naik trem. Di dalam Meiji Mura juga terdapat kereta yang ditarik lokomotif uap kuno, sayangnya kareta uap ini sering masuk bengkel karena sudah usang. Kalau sedang beruntung lokomotifnya bisa jalan, boleh dicoba menaikinya. Silahkan baca tulisanku tentang Meiji Mura di tulisan ini.

Lokomotif uap di Meiji Mura

Museum yang lumayan menarik bagi para pecinta mobil adalah Toyota Automobile Museum. Disana cukup banyak koleksi mobil kuno yang dipamerkan. Selain itu juga masih ada museum milik Toyota yang lain yaitu TOYOTA Commemorative Museum of Industry and Technology yang menampilkan perjalanan sejarah berdirinya perusahaan Toyota, dimulai dari produksi mesin pemintal hingga menjadi raksasa produsen mobil dunia. Aku mengunjungi 2 perusahaan ini secara gratisan sebagai hadiah ulang tahun berdirinya Toyota bagi karyawan vendor Toyota.

Panorama
Perfektur Aichi memang bukan tempat terkenal untuk wisata pemandangan indah. Kalaupun ada, mungkin hanya pada saat musim gugur untuk melihat momiji (daun maple merah). Kawasan Kourankei di kabupaten Toyota adalah tempat yang cukup indah untuk momijigari pada musim gugur. Tentu saja diluar musim gugur, Kourankei hanyalah daerah berbukit dan sungai biasa. Beberapa foto Kourankei yang pernah kukunjungi pada musim gugur 2010 bisa dilihat disini

Bagaimana dengan anda? Beminat mengunjungi Nagoya dan sekitarnya?

15 thoughts on “Mau ke Mana di Nagoya?

  1. Oh, saya jelas berminat ke Nagoya. Kemanapun juga asal ada teman disitu, tempat paling membosankan pun bisa jadi menarik.:mrgreen:
    Saya ini kalo ke tempat baru sendirian sukanya wisata angkot sih. Naik sembarang angkutan umum dan ikut aja muter2 kemana2 (atau dari terminal ke terminal) sampai balik lagi ke tempat semula (terutama kalau belum tau jalan).😆

  2. @Aprets
    Mau ke tempat yang mana?
    Red Light District Nishiki San-chome ?😈

    @jensen
    Kalau singgah ke Nagoya boleh hubungi saya.
    Kalau tinggal di jakarta, saya nggak berani wisata angkot, apalagi kalau sudah gelap. syerem… :-ss

    @Imelda
    Hayo mbak…. Meiji Mura tuh tempat yang bagus, kalau Riku dan Kai kalau mau belajar ttg Meiji Jidai. Bisa jalan-jalan sekaligus main. situs resminya disini
    Aku udah 2 kali ke sana, tempat main favoritku tuh.:mrgreen:

  3. Pingback: Mau Kemana di Kyoto? (umum) | Toumei Ningen – Personal Blog

  4. saya tinggal di kota okazaki, tepatnya dekat dengan stasiun kita okazaki 1 stasiun menuju naka okazaki ada castle yang namanya okazaki castle tempat yang bagus untuk hanami an. yuk visit okazaki shi

  5. Tanggal 8 nov nyampe di chubu airport…dan hotel di Handa…tanggal 9 pagi mau main ke nagoya tp blm paham sama jalur keretanya…minta bantuan info nya Bang Ando….trims

    • @Fahri
      Kalau punya smartphone, saya sarankan download hyperpedia, atau buka via browser di alamat http://www.hyperdia.com/en/

      di situ tertulis update jadwal kereta dengan jelas, dari rute, harga tiket sampai waktu tempuh perjalanan pakai KRL.
      Jalur utama KRL di Aichi ada 2 yaitu JR dan Meitetsu (silahkan gugling rute mereka). Daerah Handa hanya dilayani jalur Meitetsu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s