Lima Lagu Paling Nostaljik dari Dekade 90-an

Karena sudah di-tag oleh Pak Gentole, mau tidak mau saya juga harus ikut bertanggung jawab dan memikul beban membuat daftar lima lagu yang saya anggap paling nostaljik. Tentu saja pilihan saya ini sangat subjektif berdasarkan enak tidaknya dendang lagu tersebut bergetar indah dan merdu di gendang telinga saya.

Perlu diketahui, saya ini lahir dan besar di kampung kecil nun jauh di pertengahan 3 pulau besar Indonesia (Sumatera, Jawa, Kalimantan) bernama Pulau Belitung. Akses lagu-lagu nasional agak sulit masuk, paling-paling andalannya adalah radio KORPRI FM yang berada dibawah naungan KORPRI Unit Penambangan Timah Belitung yang sekarang sudah almarhum. Jadinya andalan untuk mendengarkan lagu memang tak jauh dari radio dan acara musik di TV. Pertengahan tahun 1990-an saya pindah ke Bandung untuk kuliah, tentu saja semakin banyak lagu-lagu nasional yang bisa saya dengar lewat berbagai macam radio di kota Bandung.

1. Yana Julio & Lita Zein: Emosi Jiwa
Setelah saya cek, sebenarnya lagu ini rilis pada tahun 1989. Tapi yang namanya di kampung, lagu-lagu pop nasional yang ngetop memang agak telat booming dan saya baru familiar sekitar awal 1990. Saya tahu lagu ini justru bukan dari radio atau TV melainkan dari kaset yang dibeli oleh ibu saya. Saya suka dengan harmonisasi suara duet Yana dan Lita, romantis gitu😛

2. Krakatau: Sekitar Kita
Pengaruh bapak pada saya dalam hal selera musik rupanya sangat kuat. Terbukti selera bermusik beliau banyak yang menurun pada saya, baik dari kesukaan beliau terhadap genre Hard Rock hingga Jazz. Pada saat itu ada 2 band lokal dengan aransemen agak jazz fushion yang saya sukai lagu-lagunya dan salah satu diantaranya adalah Krakatau Band. Sebenarnya lagu yang paling nostaljik bagi saya dari Krakatau adalah La Samba Sang Primadona, hanya saja lagu tersebut di rilis tahun 1988. Karena ini membahas dekade 1990-an, lagu paling nostaljik nomer dua dari Krakatau yang saya masukkan di sini yaitu Sekitar Kita (rilis 1992).


3. Power Metal: Memori Jingga

Ini lagu dari album Power Mission rilisan tahun 1992 yang saya suka dengar lewat radio dan saya selalu minta (bahasa jaman dulu sih bilangnya request) ke penyiarnya lewat telepon untuk diputar. Terus terang saja saya bukan penggemar Power Metal ataupun penggemar grup metal Indonesia pada umumnya. Tapi khusus untuk lagu ini, saya suka dan menikmatinya walaupun masih dibikin rada ngepop demi selera pasar.

4. Java Jive: Gerangan Cinta
Namanya juga tinggal di Bandung, mau tak mau sering mendengar lagu-lagu buatan anak-anak band asal Bandung lewat radio seperti misalnya Kahitna. /rif, ataupun Java Jive. Diantara semua lagu yang sering mengudara di radio, saya paling suka dengan Gerangan Cinta. Kalau melihat pilihan saya di atas, lagu Emosi Jiwa yang memiliki kekuatan harmonisasi 2 vokalis, saya juga suka Gerangan Cinta berdasarkan harmonisasi 2 vokalis-nya yaitu Fatur dan Danny. Omong-omong soal vokalis Java Jive, saya lebih suka karakter suara tinggi Danny dibandingkan Fatur.
Oh ya, kenapa nostaljik? Kalau dengar lagu ini, otomatis ingatan saya langsung ke masa kuliah di Bandung.


5. P Project: Nasib Anak Kost

Kenapa? Selera musik saya rada gak jelas yah? Yah mau bagaimana lagi, lagu ini ngetop pas saya lagi ngekost. Tentu saja tak terbantahkan lagi, lagu ini sangat nostaljik buat saya sebagai anak kost!

5 thoughts on “Lima Lagu Paling Nostaljik dari Dekade 90-an

  1. @Zeph
    Dulu saya berapa kali berusaha menyanyikan suara kedua, tapi gagal melulu karena terlalu tinggi oktaf-nya

    @kris
    nggak suka metal yah kris? hehehe… tapi yang memori jingga itu udah rada ngepop sih.

  2. Jadi menerka nerka umurmu Ando, hehe.. Dan ternyata dirimu lebih tua dariku🙂 Kalau saya kaset pertama yang punya dan fave boanget yaitu… Backstreet Boys album ke-dua. Nick Carter goanteng! :p Etapi Nasib Anak Kost ngerti juga sih waktu kul di Bandung jadi tau. Sayangnya ini semua gak bertahan lama,.. Kecuali Project Pop?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s