Lagu Mellow Minggu Ini

Minggu-minggu ini, entah kenapa aku sering mengulang-ulang lagu-lagu mellow yang mengisi iPhoneku untuk didengar. Dibilang lagi mellow juga sebenarnya nggak sih, walau mungkin dipengaruhi faktor dari luar seperti mendengarkan link youtube yang ditautkan teman lewat socmed. Dan kebetulan ada 3 lagu yang sering earworm secara bergantian ditelingaku.

1. Aaron Kwok – Sam Cha Hau (Divergence)
Lagu ini pertama kali kudengar dilantunkan Aaron Kwok dalam film yang berjudul Divergence. Lagu yang liriknya menceritakan tentang penantian panjang seseorang terhadap kekasihnya yang tak pernah kembali ke pelukannya ini memang sangat pas mengisi tema lagu film yang juga dibintangi oleh Aaron Kwok ini. Aaron Kwok berperan sebagai seorang inspektur polisi yang memiliki kenangan masa lalu suram. 10 tahun sebelumnya, tunangannya yang sedang hamil muda menghilang tanpa jejak beberapa minggu sebelum hari pernikahan. Selama 10 tahun pula sang inspektur tak henti-hentinya berusaha mencari dan berharap kekasihnya akan kembali. Banyak yang menyarankan agar sang inspektur move on, tapi sang inspektur tetap berkeras mencari kekasihnya karena jika telah matipun setidaknya ada mayat yang membuktikan kematiannya.

Hingga akhirnya sang inspektur mendapatkan kabar betapa tunangannya telah mati dibunuh dan mayatnya disingkirkan untuk menghilangkan jejak sang pembunuh. Di lain pihak, sang inspektur bertemu dengan seorang wanita istri tersangka psikopat pembunuh yang memiliki wajah mirip dengan tunangannya. Hati hancur mendengar kabar kematian tunangannya yang telah ditunggu 10 tahun dan bertemu istri orang lain yang mirip dengan tunangannya membuat otak sang inspektur jadi kacau. Dia mulai berhalusinasi kalau istri si pskopat adalah tunangannya yang hidup kembali dalam sosok wanita lain.

Adegan dalam film yang sulit kulupakan adalah adegan ketika sang inspektur menerima kenyataan pahit betapa kekasihnya yang menghilang tanpa jejak ternyata telah mati 10 tahun yang silam. Saking hancur lebur hatinya, sang inspektur menjadi lemas dan kakinya lupa menginjak rem sehingga mobil bergerak mundur dan menyebabkan tabrakan beruntun. Adegan tersebut diiringi dengan akting Aaron Kwok yang sangat meyakinkan dan membuat hati penonton serasa ikut teriris melihat ekspresi sang inspektur yang menyayat hati. Hal yang wajar jika Aaron Kwok memenangkan Golden Horse Awards untuk kategori aktor terbaik dalam film ini.

Mendengarkan lagu ini setelah nonton filmnya memang bisa membuat perasaan jadi mellow dengan cepat.😥

2. Off Course – Sayonara
Mungkin cukup banyak orang Indonesia yang tahu nama Oda Kazumasa berkat lagu Love Story wa Totsuzen ni yang menjadi soundtrack drama TV terkenal pada tahun 1990-an Tokyo Love Story. Tapi mungkin jarang ada yang tahu soal band bentukan Oda yang terkenal pada era tahun 1970-an hingga 1980-an bernama Off Course ini. Entah kenapa, menurutku lagu-lagu yang dibawakan oleh Off Course kebanyakan lagu-lagu bernuansa mellow walaupun ada juga lagu-lagu ceria. Lagu favoritku dari Off Course sebenarnya Ai no Uta, tapi akhir-akhir ini justru lagu sayonara yang earworm di telingaku. Awalnya gara-gara ingin memperkenalkan lagu-lagu galau Off Course pada saudara Lambrtz lewat lagu Sayonara, tapi akhir-akhir ini justru Sayonara malah sering kuputar berulang-ulang di playlist iPhone-ku lebih dari Ai no Uta.

Menurut Lambrtz, Sayonara versi live yang dibawakan oleh Off Course lebih bikin galau dibandingkan versi rekaman studio. Kalau di dengar dengan seksama, apa yang dikatakan Lambrtz memang benar karena suara Oda Kazumasa yang menyanyi secara live memang terdengar lebih “merintih” dibanding suaranya versi rekaman, ditambah komposisi musik yang agak berbeda. Sayonara bercerita tentang perpisahan dengan kekasihnya dan membayang betapa sang mantan kekasih telah mendapatkan seorang kekasih baru, sedangnya dirinya sendiri masih belum bisa move on. galau lima sentimeter per detik

3. Mayumi Itsuwa – Amayadori
Lagu mellow terakhir yang akhir-akhir ini sering earworm adalah lagu milik penyanyi solo wanita yang mungkin paling terkenal di Indonesia lewat lagunya Kokoro no Tomo. Lagu Amayadori ini juga sebenarnya cukup terkenal di jaman Kokoro no Tomo dulu, walau tak sengetop dan sesering Kokoro no Tomo diputar di radio Indonesia.

Awal mulai mendengar lagu ini ketika mengunjungi blog mbak Imelda yang mengiringi blognya dengan suara musik. Kebetulan waktu itu, lagu yang mengiringi adalah Amayadori yang di nyanyikan lewat iringan gitar akustik. Sejak itu entah kenapa, tiba-tiba lagu Amayadori terus menerus berputar ulang di dalam kepala sampai aku akhirnya memasukkan file mp3-nya ke dalam playlist iPhone.😀

Amayadori sendiri bercerita tentang pertemuan tak terduga di platform stasiun KRL dengan mantan kekasih di masa muda yang membuat nostalgia masa lalu kembali merebak di dalam hati. CLBK kali?

8 thoughts on “Lagu Mellow Minggu Ini

  1. Awalnya gara-gara ingin memperkenalkan lagu-lagu galau Off Course pada saudara Lambrtz lewat lagu Sayonara, tapi akhir-akhir ini justru Sayonara malah sering kuputar berulang-ulang di playlist iPhone-ku lebih dari Ai no Uta.

    Senjata makan tuan😈
    Etapi makasih lagunya. Bagus.😀

  2. wah, yang Amayadori sering denger tuh, di kantoor sering diputer ama bapak-bapak di ruang sebelah jadi sayup2 kedengeran juga, bersama Kokoro no Tomo tentunya:mrgreen:

    kalo lagu yang rada earworm buat saya akhir-akhir ini We Are Young-nya Fun kali ya, bukan mellow sih ^^

    • @Gentole
      Dewi Yull?😯
      Ntar kalau ditanya, siapa penyanyi Kokoro no Tomo? Dewi Yull!!😆
      Iya beneran stasiun KRL (Kereta Rel Listrik) koq. Stasiun mana? Tangerang? Jadi inget dulu pas naik KRL Tangerang – Jakarta Kota mau dipalak 4 preman😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s