Kembang Api Musim Panas

Seperti yang telah kuceritakan pada tulisan-tulisan sebelumnya, musim panas adalah musim matsuri (festival). Dan salah satu acara matsuri yang banyak diselenggarakan adalah pesta kembang api atau dalam bahasa Jepangnya Hanabi Taikai. Untuk mencari info tentang Hanabi Taikai ini, anda tak perlu repot-repot mencari info kesana kemari karena jaman internet seperti sekarang ini sudah banyak situs-situs yang memberika info Hanabi Taikai per daerah prefektur. Misalnya saja Walkerplus yang menyediakan data acara matsuri sepanjang tahun, seperti festival musim sakura, festival musim momiji, termasuk juga data festival musim hanabi.

Testing kembang api di sore hari, sebelum acara dimulai

Testing kembang api di sore hari, sebelum acara dimulai



Sabtu ini sudah kurencanakan untuk nonton Hanabi karena ada 2 event Hanabi terbesar di daerah Jepang tengah. Masalahnya kedua Hanabi Taikai ini diselenggarakan secara bersamaan di hari yang sama pula yaitu tanggal 3 Agustus 2013. Mau tak mau aku harus memilih.
1. Nagarakawa Zenkoku Hanabi Taikai, di selenggarakan di prefektur Gifu yang berada di sebelah prefektur tempat tinggalku. Hanabi Taikai ini yang paling besar di daerah sekitar aku tinggal, sekitar 30 ribu kembang api diluncurkan pada setiap acara.
2. Okazaki Kankou Natsu Matsuri Hanabi Taikai, diselenggarakan di kota Okazaki prefektur tempat aku tinggal yaitu Aichi. Hanabi Taikai ini menyediakan 20 ribu kembang api.

Kalau mempertimbangkan tempat paling dekat, Okazaki adalah pilihannya. Tapi kalau mau nonton Hanabi dengan jumlah lebih banyak dan kolosal, Gifu tentunya lebih memuaskan.

3 hari terakhir ini aku masuk angin, tenggorokanku terasa gatal dan agak sulit berbicara lancar. Berhubung pergi ke Gifu lebih makan waktu dan agak ribet, juga mengingat kondisi kesehatanku yang kurang bagus, jadilah aku memilih untuk pergi ke Okazaki.

Ternyata Hanabi Taikai di Okazaki juga penuh dengan penonton, aku hampir tak dapat tempat saking penuhnya orang padahal aku sudah datang sejak jam 5 sore. Sepertinya orang-orang sudah standby menggelar tikar masih-masing sejak jam 4 sore. Duh orang Jepang, padahal acara kembang apinya dimulai pukul 7:30 malam😦

Ketika aku berbalik arah untuk mencari tempat lain, tiba-tiba aku melihat beberapa orang sedang mempersiapkan kamera masing-masing di atas tripod mereka di antara semak-semak pinggir sungai. Pinggiran sungai yang penuh semak itu bukanlah tempat yang ideal buat nonton santai, tapi cocok buat orang yang ingin memotret kembang api. Jadilah aku ikut menyelusup turun ke pinggir sungai melewati pagar pembatas. Lumayanlah, daripada muter-muter lagi nyari tempat nonton sekalian motret, di pinggir sungaipun jadilah.:mrgreen:

4 thoughts on “Kembang Api Musim Panas

Leave a Reply

